Senin, 24 Januari 2011

Tentang Marketing Mix

INTEGRITAD MARKETING COMMUNICATION
            Integritad Marketing Communication (IMC) merupakan gabungan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kehgiatan promo yang dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang minimal.
Cotoh dari INTEGRITAD MARKETING COMMUNICATION
MARKETING MIX STRATEGY
            Konsep marketing mix merupakan konsep penjualan secara modern, dimana konsep ini adalah sebagai salah satu kunci dalam marketing kita bisa berhasil dan mendapat profit secara maksimal.
Aspek-aspek terpenting dalam  marketing mix adalah :
1.       Product (produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.

2.       Harga
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

3.       Distibusi
          Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.
Saluran distribusi yang digunakan adalah suatu struktur yang menggambarkan alternativ saluran yang dipilih oleh para produsen seperti: pedagang besar, agen, dan pengencer.
Hal ini produsen mempunyai 3 alternatif yaitu:
a. Distribusi Insentif
        Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.
b. Distribusi Selektif
         Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.
c. Distribusi Ekslusif
         Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.


4. Kegiatan Promosi
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.

Contoh kegiatan Marketing Mix :

1.      Festival jajanan bango
            Festival jajanan bango adalah salah satu langkah IMC dimana mereka memperomosikan produk mereka dengan cara memberikan makanan kepada calon konsumen. Festival Jajanan Bango (FJB) merupakan kegiatan yang digagas oleh Kecap Bango untuk mempopulerkan makanan tradisional Indonesia sehingga makanan warisan leluhur terus menjadi bagian tak terpisahkan dari semua keluarga di Indonesia. Bango ingin menciptakan citra perusahaan mereka sebagai bagian tak terpisahkan dari citarasa asli makanan Nusantara.
Contoh : gambar festival jajanan bango(FJB)
Festival Jajanan Bango 2010.JPG












2 .Gerakan seribu langkah bersama anlene
Gerakan ini di maksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit keropos tulang atau osteoporosis, oleh sebab ituAnlene menggelar jalan sehat massal seribu langkah
117-ribuan-orang-meriahkan.jpg
3.Lifebuoy Berbagi Sehat - Kampanye Mencuci Tangan dengan Sabun.
Harapan dari Lifebuoy agar kebiasaan sehat berupa mencuci tangan dengan sabun dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya di dalam setiap keluarga Indonesia.
lifebuoy-web 2.jpg


Referensi buku :
1.       Think IMC! : Efektivitas Komunikasi untuk Meningkatkan Loyalitas           Pelanggan dan Laba Perusahaan
       Penerbit    : gramedia pustaka utama
       Penulis      : Estaswara
2.      Manajemen Pemasaran
Pnerbit       : indeks
Penulis       : kotler

Nama : Lalu Martin Agung Pratama
Kelas : Marcomm B
Npm  : 108500100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar